Minggu, 25 Oktober 2015

Social Media










APA ITU SOCIAL MEDIA?

Media Sosial (Social Media) terdiri dari dua kata: media dan sosial. Pengertian menurut bahasa, media sosial adalah alat atau sarana komunikasi masyarakat untuk bergaul.
Menurut Kamus Bahasa Indonesia, media adalah alat, sarana komunikasi, perantara, atau penghubung. Sosial artinya "berkenaan dengan masyarakat" atau suka memperhatikan kepentingan umum (suka menolong, menderma, dsb).






Dari sisi bahasa tadi, media sosial bisa dimaknai sebagai sarana berkomunikasi dan berbagi. Makanya, dalam dunia internet seperti blogging atau Facebook, dikenal istilah SHARE (berbagi). Bahkan, setiap blog atau situs selalu menyediakan fasilitas social share, terutama Facebook, Twitter, dan Google Plus. Jika kita mencari definisi media sosial di mesin pencari Google, dengan mengetikkan kata kunci "social media meaning", maka Google menampilkan pengertian media sosial sebagai "websites and applications used for social networking" --website dan aplikasi yang digunakan untuk jejaring sosial. Istilah lain media sosial adalah "jejaring sosial" (social network), yakni jaringan dan jalinan hubungan secara oline di internet. Karenanya, menurut Wikipedia, media sosial adalahsebuah media online, dengan para penggunanya (user) bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi (sharing), dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual. 
Blog, jejaring sosial, dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Klarisifikasi Social Media




Pengklasifikasian sosial media dapat dilakukan berdasarkan dari kegunaan fitur dan juga servis yang diberikan oleh sosial media. Adapun klasifikasi dari sosial media yaitu : 
·       

  • Tempat publikasi, dengan blog (contoh : Typepad, Blogger…), dengan wikis (contoh : Wikipedia, Wikia, Wetpaint…) dan jurnalisme warga ( contoh : Digg, Newsvine…)
  • Tempat berbagi, video (seperti YouTube, vimeo, dailymotion), gambar (seperti Flickr dan instagram), links (seperti del.icio.us dan Ma.gnolia), musik (seperti Last.fm dan iLike…), slideshows (seperti Slideshare), review produk (seperti Crowdstorm dan Stylehive…)
  • Tempat diskusi berupa forums (seperti PHPbb, vBulletin, Phorum…), forum video (seperti Seesmic), instant messaging (seperti Yahoo! Messenger, Windows Live Messenger, Meebo…) dan VoIP (Skype, Google Talk…)
  • Sebagai jaringan sosial (Facebook, MySpace, Bebo, Hi5, Orkut…) dan alat untuk membuat jaringan sosial (Ning)
  • Sebagai micropublication seperti Twitter, Pownce, Jaiku, Plurk, Adocu dll
  • Sebagai Social aggregation untuk lifestream ( seperti FriendFeed, Socializr, Socialthing!, lifestrea.ms, Profilactic…)
  • Sebagai Platforms untuk livecast hosting seperti Justin.tv, BlogTV, Yahoo! Live, UStream dll
  • Sebagai dunia virtual seperti Second Life, Entropia Universe, There ataupun yang 3D chats seperti Habbo dan IMVU
  • Tempat Permainan Social gaming platforms (sepert ImInLikeWithYou, Doof…), casual gaming portals (seperti Pogo, Cafe, Kongregate…) social networks enabeled games (seperti Three Rings, SGN) MMO (seperti Neopets, Gaia Online, Kart Rider, Drift City, Maple Story) and MMORPG (seperti World of Warcraft, Age of Conan…)



Sejarah Social Media




1969
CompuServe adalah Internet service provider komersil pertama untuk umum di Amerika Serikat. Menggunakan teknologi yang dikenal sebagai sebagai dial-up, dan mendominasi lapangan sampai 1980-an dan tetap menjadi populer sampai pertengahan 1990-an.

1971
Email pertama dikirim.

1978
Dua penggemar komputer chicago menciptakan sistem buletin board (BBS) untuk memberitahu teman-teman tentang pertemuan, membuat pengumuman dan berbagi informasi melalui postingan. Itu awal dasar sebuah komunitas virtual yang kecil.

1979
Usenet adalah papan pengumuman awal yang terhubung Duke University dan University of North Carolina.

1984
Layanan online Prodigy diperkenalkan. Kemudian, tumbuh menjadi penyedia layanan online terbesar kedua di tahun 1990, dengan 465,000 pelanggan dibandingkan dengan CompuServe's 600.000. Pada tahun 1994, Prodigy memelopori penjualan koneksi dial-up ke World Wide Web dan layanan hosting Web penayang dan sekarang menjadi bagian dari AT & T.

1985
layanan America Online (AOL) dibuka.

1989
Insinyur Inggris Tim Berners-Lee mulai bekerja di CERN (organisasi Eropa untuk riset nuklir, di Swiss).


1992
Tripod dibuka sebagai sebuah komunitas online untuk college siswa dan orang dewasa.

1993
CERN menyumbangkan teknologi WWW ke dunia.

Siswa di NCSA (National Center for Supercomputing Applications di University of Illinois di Urbana-Champaign) menampilkan browser grafis pertama, mosaik, dan halaman Web seperti yang kita kenal seperti hari ini.
Lebih dari 200 server Web yang online.
1994
Lebih dari 1.500 Web server yang online pada tahun 1994 dan orang-orang merujuk kepada Internet sebagai tempat informasi paling cepat.
EarthLink memulai sebagai penyedia layanan online.

1997
Terdapat satu juta situs berbasis web.
Dimulainya blogging.
SixDegrees.com memungkinkan pengguna membuat profil dan daftar teman.
AOL Instant Messenger memungkinkan pengguna obrolan.
Papan tulis didirikan sebagai sistem manajemen kursus online bagi para pendidik dan pelajar.

1998
Google muncul sebagai mesin pencarian Internet utama dan indeks.

2000
Dalam dunia bisnis dan perdagangan, domain dot.com menjadi populer dan pada tahun yang sama tujuh puluh juta komputer terhubung ke Internet.

2001
Wikipedia, ensiklopedia onine dan wiki terbesar di dunia akhirnya muncul.
Apple mulai menjual iPod.

2002
Friendster, situs jaringan sosial, dibuka untuk umum di Amerika Serikat dan tumbuh menjadi 3 juta pengguna dalam tiga bulan.
AOL memiliki 34 juta anggota.

2003
MySpace. situs jaringan sosial lain, diluncurkan sebagai tiruan dari Friendster.
Linden Lab membuka dunia maya Second Life di Internet.
LinkedIn muncul sebagai situs jaringan sosial untuk profesional dan bisnis
Ada lebih dari 3 milyar halaman Web.
Apple memperkenalkan layanan musik online iTunes.

2004
Facebook muncul sebagai situs jaringan sosial untuk mahasiswa Harvard College. Disebut  sebagai Friendster versi college.
MySpace melampaui Friendster dalam tampilan halaman.
Podcasting mulai di Internet.
Flickr gambar hosting website dibuka.
Digg didirikan sebagai sebuah situs web berita sosial yang dimana orang bisa berbagi cerita yang ditemukan di Internet.

2005
News Corporation, sebuah perusahaan global media yang didirikan oleh Rupert Murdoch, dibeli MySpace.
YouTube mulai menyimpan dan mengambil video.
Ada lebih dari 8 milyar halaman Web.

2006
MySpace sebagai situs jaringan sosial paling populer di Amerika Serikat.

Twitter diluncurkan sebagai sebuah jaringan dan microblogging situs sosial, memungkinkan anggota untuk mengirim dan menerima pesan 140-karakter yang disebut tweets.
Facebook keanggotaan diperluas dan dibuka untuk siapa pun atas usia 13.
Google telah diindeks lebih dari 25 milyar halaman web, query 400 juta per hari, 1,3 miliar gambar dan lebih dari satu miliar Usenet messages.

2007
Microsoft membeli saham di Facebook.
Facebook memulai Facebook Platform yang memungkinkan pengembang pihak ketiga yang membuat aplikasi (apps) untuk situs.
Apple merilis iPhone multimedia dan Internet smartphone.

2008
Facebook melampaui MySpace dalam jumlah pengunjung bulanan. Sementara itu, Facebook gagal mencoba untuk membeli Twitter.
Bebo dibeli oleh AOL.

2009
Facebook digolongkan sebagai jaringan sosial yang paling sering digunakan di seluruh dunia dengan lebih dari 200 juta. 
Microsoft Bing bergabung dengan Yahoo dan Google sebagai mesin pencarian utama di Internet.
Diperkirakan bahwa seperempat dari penduduk bumi menggunakan Internet.
Google melihat satu triliun URL unik – setelah menghilangkan entri duplikat.
Internet memiliki setidaknya 27 milyar halaman web dan bisa memiliki sebanyak 58 miliar halaman web.

2010
Pertumbuhan Facebook mencapai 400 juta pengguna, sementara pengguna MySpace menurun menjadi 57 juta pengguna dari 75 juta pengguna.
Untuk bersaing dengan Facebook dan Twitter, Google meluncurkan Buzz, sebuah situs jaringan sosial yang terintegrasi dengan perusahaan Gmail . Dilaporkan bahwa dalam minggu pertama, jutaan pengguna Gmail menciptakan posting 9 juta.
Apple merilis tablet iPad dengan kemampuan Internet.
Diperkirakan populasi pengguna Internet adalah 1,97 miliar. Itu hampir 30 persen dari populasi dunia.

2011
Media sosial commerce sedang bangkit bersama dengan mobile media sosial melalui smartphone dan komputer tablet.
Apple memperkenalkan Ping jaringan sosial untuk musik dan terintegrasi dengan iTunes.
MySpace dan Bebo telah didesain ulang dan diperbarui untuk bersaing dengan jaringan sosial yang jauh lebih sukses Facebook dan Twitter.
Diperkirakan pengguna Internet akan ganda 2015 untuk total global beberapa pengguna empat miliar, atau hampir 60 persen dari penduduk bumi.

2012
Pengiklan melihat ke "like" untuk meningkatkan visibilitas merek.
Facebook mencapai satu miliar pengguna di 2012.
YouTube memiliki lebih dari 800 juta pengguna setiap bulan.


Social Network 


Social Networking merupakan sebuah bentuk layanan internet yang ditujukan sebagai komunitas online bagi orang yang memiliki kesamaan aktivitas, ketertarikan pada bidang tertentu, atau kesamaan latar balakang tertentu. Social networking lazim disebut sebagai jaringan pertemanan.
Layanan social network biasanya berbasis web, dilengkapi dengan beragam fitur bagi penggunanya agar dapat saling berkomunikasi dan berinteraksi.
Contoh : Facebook, Twitter, MySpace, Magnolia, Friendster. Dll.



Jejaring Social Media


1. Facebook
FacebooK Adalah Sebuah Website Yang bertemakan social networking (Pencari Teman di Dunia Maya). Facebook merupakan situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg.

2. Twitter
Twitter berfokus pada layaan blogging mikro (microblogging) dan RSS untuk pesebaran informasi. Ia sering disebut-sebut sebagai “SMS-nya internet” Twitter dibangun oleh Jack Dorsey, Noah Glass, Evan Williams, dan Biz Stone pada 15 Juli 2006.

3. Google+
Google+ bisa dibilang merupakan jejaring sosial paling anyar. Google+ banyak digemari orang karena fitur barunya Circle dan Hangout yang memudahkan orang mengatur komunikasi dan berinteraksi dengan video.

4. Linked in
Situs jejaring sosial ini fokus pada relasi profesional. Situs ini dibangun oleh Reid Hoffman, dkk di tahun 2003. Sebagai situs yang bermain di bidang profesionalitas, kita bisa juga mencari relasi atau bahkan pekerjaan pada LinkedIn.

5. Path
Path adalah sebuah aplikasi jejaring sosial pada telepon pintar yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi gambar dan juga pesan. Penggunaan dari Path ditargetkan untuk menjadi tempat tersendiri untuk pengguna berbagi dengan keluarga dan teman-teman terdekat. Dave Morin, salah satu dari pendiri Path dan CEO dari perusahaan tersebut berkata: “Yang menjadi visi utama kami adalah untuk membuat sebuah jejaring dengan kualitas yang tinggi dan menjadikan pengguna nyaman untuk berkontribusi setiap waktu.”

6. Instagram
Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4:3 yang umum digunakan oleh kamera pada peranti bergerak.

7. Flickr
Flickr merupakan situs web untuk berbagi foto dan situs komunitas daring yang merupakan contoh dari aplikasi Web 2.0. Sebagai situs web yang populer untuk berbagi foto pribadi, layanan ini dimanfaatkan oleh banyak blogger sebagai tempat penyimpanan foto. Popularitasnya bertambah seiring peralatan komunitas online yang inovatif yang memperbolehkan foto-foto diberi tanda dan dicari secara folksonomi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar